Monday, February 15, 2010

kenapa saya harus belajar Bahasa Indonesia???

Saya ataupun kita memang lahir dan tinggal di Indonesia, berbahasa Indonesia sehari-hari tetapi kenapa kita masih harus mempelajarinya hingga duduk di bangku kuliah? Pertanyaan inilah sering muncul di diri saya. Dan saat ini saya mengerti apa jawaban tentang pertanyaan tersebut.

Mungkin dalam berbicara boleh dibilang sudah menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Namun dalam berbahasa dengan baik tidak hanya dalam berbicara dalam tulisan pun kita diwajibkan memiliki kemampuan menulis yang baik atau bisa dibilang memiliki kesantunan dalam kegiatan menulis secara lisan maupun tulisan.
Belum lagi yang akan saya hadapi dalam semester ini adalah diwajibkannya membuat penulisan ilmiah yang di dalamnya kita harus menggunakan bahasa yang baik.

Untuk bisa menulis dengan kemampuan yang baik, tidak dapat dibilang mudah. Buktinya untuk membuat artikel ini pun saya mengalami kebingungan dalam membuat kata-kata agar tersusun dengan benar. Mungkin dalam tulisan ini juga kan banyak ditemukan kesalahan-kesalahan.

Kesalahan-kesalahan itu seperti ketidaksantunan ejaan, ketidaksantunan paragraf, ketidaksantunan kalimat. Ejaan yang kita gunakan sekarang inilah adalah EYD.
Contoh kesalahan ejaan adalah seperti dalam penggunan singkatan PT yang merupakan singkatan dari “Perseroan Terbatas”. Mungkin kita terkadang menuliskan seperti ini (PT.) atau (P.T.), sebenarnya apa yang memiliki perbedaan?hanya penggunaan tana titik (.) saja. Tapi menrut EYD, yang benar adalah (PT) tanpa tanda titik. Karena hal kecil ini saja tulisan kita dianggap salah.

Karena alasan itulah, saya masih harus belajar bahasa Indonesia. Karena berbahasa Indonesia dengan baik tidak hanya harus dalam lisan tetapi juga dalam tulisan.

0 comments:

Post a Comment