Tuesday, January 19, 2010

Kenapa QWERTY???


QWERTY..pasti pada tau kan arti kata ini apa? Yup, ini adalah susunan dari keyboard. Sebenarnya kenapa sih mesti QWERTY sebutannya dan kenapa susunannya mesti seperti itu, kenapa enggak ABCDE sama seperti urutan alphabet? Karena pertanyaan ini saya mencoba untuk mencari tahu sejarahnya itu seperti apa sih, koq bisa muncul kata-kata ini. Setelah browsing-browsing akhiranya ketemu juga, tapi sebelumnya kita liat dulu sejarahnya yuk!!

QWERTY adalah salah satu jenis tata letak tombol-tombol padakeyboard Tata letak QWERTY ini pertama kali digunakan pada sebuah mesin tik buatan E. Remington pada tahun 1874. Dinamakan demikian karena tombol-tombol huruf Q, W, E, R, T, dan Y berada secara berurutan seperti terlihat dalam baris paling atas dari papan ketik ini (yaitu yang dipakai pada kebanyakan keyboard komputer saat ini).

Kenapa mesti berurutan Q,W,E,R,T,Y yang beracak-acakan. Padahal dengan mengurutkannya mungkin akan lebih mudah dalam proses pengetikan.
Layout keyboard QWERTY disusun dan dibuat pada awal tahun 1870-an oleh Christopher Sholes, sebuah editor koran yang tinggal di Milwaukee. Deangan bantuan teman-temannya Carlos Glindden dan Samuel W. Soule ia membuat sebuah mesin tik untuk aplikasi paten yang diajukan pada Oktober 1867.

Model pertama yang dibuat oleh Sholes digunakan seperti keyboard piano dengan dua baris karakter disusun secara alfabetis sebagai berikut :

3 5 7 9 NOPQRSTUVWXYZ
2 4 6 8 ABCDEFGHIJKLM

Dengan susunan yang seperti itu memiliki kemacetan secara serius. Karakter logam yang dipasang akan bentrok pada saat pengetikan secara cepat. Solusinya adalah bagaimana cara penempatan susunan tersebut agar tidak saling bentrok.

Selama enam tahun Sholes berjuang untuk menyempurnakan penemuannya, dengan membuat penyusunan ulang dari susunan abjad untuk mengurangi frekuensi bentrokan. Dan akhirnya ia menemukan susunannya menjadi QWERTY atau yang sudah sering kita gunakan.

Namun ada perbedaan dari tata letak QWERTY yang di gambarkan Sholes pada tahun 1878 seperti tidak adanya angka 0 dan 1. Huruf M yang terletak di ujung baris ketiga di sebelah kanan huruf L, bukan pada baris keempat di sebelah kanan dari N, hruf C dan X terbalik dan sebagian tanda baca dalam posisi yang berbeda atau hilang sepenuhnya. Seperti pada gambar di bawah ini.



Susunan sekarang ini telah disempurnakan. Dengan begitu susunan QWERTY sengaja dibuat acak adalah untuk mencegah bentroknya pengetikan pada saat itu.




sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/QWERTY

0 comments:

Post a Comment