Sunday, January 31, 2010

Heboh iPad...


iPad, yup inilah produk teranyar dari Apple. Tapi apa sih iPad?? sekilas memang mirip iPhone. Tapi ternyata iPad adalah sebuah komputer tablet berlayar sentuh. Fisiknya memang mirip iPhone tapi berukuran besar. Apa sih yang disuguhkan dari iPad ini sampai saat peluncuran cukup lah kita bilang heboh. Untuk tahu selengkapnya saya mencoba browsing-browsing tentang fitur-fitur yang disuguhkan iPad ini.

iPad hadir dengan harga yang mungkin bisa kita bilang terbilang murah, tapi iPad hadir dengan harga yang berkisar dari $499 sampai $829 tergantung dari memory yang kita inginkan.


Nah apa sih yang spesifikasi dari iPad :

Ukuran:
- Panjang: 24,8 cm
- Lebar: 18,97 cm
- Tebal: 1,34 cm
- Berat: 0,68 kg (WiFi model) dan 0,73 kg (WiFi + 3G model)

Layar:
- 9,7 inci LED backlit glossy widescreen multitouch dengan teknologi IPS
- Resolusi 1024x768 pixel dengan 132 pixel per inci
- Dilapisi fingerprint resistant oleophobic
- Mendukung penulisan banyak bahasa dan karakter secara bersamaan

Kapasitas memori:
- Flash drive 16 GB, 32 GB, atau 64 GB

Prosesor
- Apple A4 1 GHZ

Sensor:
- Akselerometer
- Ambient light sensor

Baterai
- Baterai Lithium polymer
- Daya tahan hingga 10 jam waktu aktif dan satu bulan waktu standby

Audio playback:
- Mendukung format AAC (16 hingga 320 Kbps)
- Mendukung format Protected AAC (16 hingga 320 Kbps)
- Mendukung format MP3 (16 hingga 320 Kbps)
- Mendukung MP3 VBR, Audible (format 2,3, dan 4), Apple Losless, AIFF, dan WAV

Koneksi
Untuk WiFi model
- WiFi 802.11 a/b/g/n
- Bluetooth 2.1 + teknologi EDR

Untuk WiFi + 3G model
- UMTS/HSDPA triband (850, 1900, dan 2100 MHz)
- GSM/EDGE quabband850, 900, 1800, dan 1900 MHz)
- WiFi 802.11 a/b/g/n
- Bluetooth 2.1 + teknologi EDR

Input dan output
- Dock connector
- 3,5 mm stereo headphone jack
- Built in speaker
- Microphone
- SIM card tray (untuk model WiFi + 3G)

Layanan berbasis lokasi
- WiFi
- Kompas digital
- Assisted GPS (khusus model WiFi + 3G)
- Seluler (khusus model WiFi + 3G)

TV dan video
- Mendukung format video H.264 hingga 720p, .m4v, .mp4, .mov, MPEG-4.

Tombol eksternal
- On/off/sleep/wake
- Mute
- Volume naik atau turun

Fitur dan Aplikasi utama:
- Browser Safari untuk akses web.
- Mail untuk membaca e-mail.
- Photos untuk mengelola arsip foto.
- Video untuk memutar file video.
- YouTube untuk melihat video langsung ke YouTube tanpa melalui webnya.
- iPod untuk memainkan musik
- iTunes untuk mengunduh musik dan video
- App Store untuk mengunduk aplikasi
- iBooks untuk membaca dan mengunduh e-book dari iBooks Store
- Maps untuk melihat peta resolusi tinggi dari satelit dan Street View Images.
- Notes untuk membuat catatan bebas.
- Calendar untuk membuat agenda.
- Contacts untuk mencatat data telepon, email, dan web teman.
- Home screen untuk mengatur tampilan layar
- Spotlight search untuk melakukan pencarian cepat di semua bagian hanya dengan mengetikkan keyword.
(sumber : http://tekno.kompas.com)

Tapi ternyata ada beberapa kelemahan yang mungkin bisa jadi buat bahan pertimbangan kita untuk membeli produk ini. Dikutip detikNET dari informationweek dibawah ini lah kelemahan dari iPad:
  • Tanpa Adobe flash
  • Tidak dilengkapi kamera
  • Tidak bisa multitasking
  • Layarnya memiliki ukuran yang mungil, yakni 9,7 inchi
  • Tidak menggunakan sistem operasi Mac OS
  • Kapasitas penyimpanan yang kurang besar
  • Baterai tidak mudah diganti
  • Tidak memiliki port HDMI
Gimana???tertarik untuk membeli iPad???








Sunday, January 24, 2010

awas DBD!!!

Saatnya musim penghujan, saatnya waspada terhadap serangan demam berdarah. Demam berdarah tidak mengenal usia, siapapun bisa terjangkit asalkan kita bisa hidup bersih. Dengan begitu setidaknya kita dapat mencegah terjangkitnya demam berdarah. Sebenarnya ada dua nama yang menyangkut virus demam berdarah ini yaitu Demam Dengue dengan DBD. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari penjelasan-penjelasan dibawah ini.

Demam dengue dan demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Infeksi virus dengue menyebar dengan cepat dan dapat menyerang banyak orang pada masa epidemik. Kondisi lebih parah dialami oleh anak-anak.

DBD merupakan bentuk yang lebih parah dari demam dengue karena perdarahan dan syok terkadang dapat terjadi yang dapat berakibat fatal, yakni kematian. Menurut dr.Alan Tumbelaka, Sp.A (K) dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM, Jakarta, gejala penyakit demam dengue atau DBD secara umum hampir mirip. "Pada fase awal, dua penyakit ini tidak bisa dibedakan," katanya.

Secara umum, penyakit demam dengue dan DBD memiliki ciri.

Demam dengue
- Demam akut selama 2-7 hari, disertai sakit kepala, nyeri otot dan sendi
- Bisa disertai penurunan trombosit.
- Panas akan turun pada hari ketiga atau keempat.
- Tingkat penyembuhannya lebih baik.


DBD:
- Demam tinggi mendadak, disertai nyeri kepala, nyeri di bagian belakang bola mata, terkadang juga nyeri perut.
- Ada tanda ruam atau bintaik merah di kulit
- Tidak disertai dengan batuk atau sakit di tenggorokan.
- Trombosit dan leukosit turun (kurang dari 100.000)
- Terjadi peningkatan hematokrit (naik 20 persen dari jumlah normal).
- Perdarahan pada jaringan lunak (hidung, mulut, atau gusi).
- Terjadi perembesan plasma. Makin bocor bisa menyebabkan syok.

Ditambahkan oleh dokter Alan, penentuan penyakit demam dengue atau DBD baru bisa dilakukan pada hari ketiga lewat gejala klinis ditambah pemeriksaan penunjang. "Diagnosis DBD bisa ditegakkan bila memenuhi dua kriteria klinis dan penurunan trombosit serta peningkatan hematokrit," paparnya.

(dikutip dari : http://kesehatan.kompas.com/ )

Mungkin penjelasan mengenai gejala awal dapat berguna. Dan mari berantas sarang nyamuk denan mulai memperhatikan lingkungan sekitar, coba dengan memulai 3M (menguras, mengubur, dan menutup) tempat-tempat yang berpotensi sebagai sarang nyamuk.

satnite bersama lagi

Satnite bareng lagi sama GL tapi sayang cuma ada gw sama ejah doang..sisanya pada gag bisa..huuft
Yang penting kumpul bareng anak-anak LABAMEN..hehe
Padahal kemaren banyak yang pengen ikut, tapi pada batalin deh..
Niatnya pengen ke sky dinning eh gag jadi, ujung-ujungnya ke J-CO lagi..
Tapi seneng,ngeliat ada yang baru jadian, Selamat y..
Jadi pengen,ups!!
Seperti biasa setiap moment harus ada foto-fotonya..














Lucu-lucu kan fotonya??haha tetep narsis....

Wednesday, January 20, 2010

10 air mancur terbesar dan terindah

1.Fountains of Bellagio (Las Vegas): Pertunjukan Koreografi Air
Fountains of Bellagio Hotel di Las Vegas (AS) adalah sebuah kolam air mancur besar dengan pertunjukan yang melibatkan cahaya dan musik. Pertunjukan ini dapat dilihat dari sejumlah titik tertentu di the Strip, dari jalan dan dari bangunan tetangganya. Pertunjukan air tersebut dilaksanakan setiap 30 menit di sore dan awal malam hari, dan setiap 15 menit mulai 8 PM hingga dini hari. The Fountains dibangun di atas danau buatan seluas sembilan ekar. Gerakan air diatur mengikuti berbagai musik; contohnya meliputi “Fly Me To The Moon” (Frank Sinatra), “Time to Say Goodbye” (Sarah Brightman dan Andrea Bocelli) dan “My Heart Will Go On” (Celine Dion).



Menurut mitos urban danau ini diisi dengan air kotor dari hotel, padahal menggunakan air segar, yang dibor beberapa dekade sebelumnya untuk mengairi lapangan golf yang sebelumnya menempati tanah itu. Faktanya, air mancur ini menggunakan lebih sedikit air daripada lapangan golf. Mereka menggunakan jaringan pipa bawah tanah dengan lebih dari 1.200 selang yang menjadikannya mungkin untuk melakukan pertunjukan air mancur bersama dengan 4.500 lampu. Diperkirakan bahwa danau air mancur ini memakan US$50 juta dalam pembuatannya.


2.Fountain of Wealth (Singapura): Air Mancur Terbesar di Dunia



Fountain of Wealth terletak di bawah tanah di dalam mal perbelanjaan terbesar Suntec City di Singapura dan terkenal karena merupakan air mancur terbesar di dunia. Simbol kekayaan dan kehidupan, desainnya didasarkan pada mandala Hindu, dan merupakan representasi simbolis kesatuan rohani, persatuan dan harmoni diantara empat ras di Singapura. Terbuat dari perunggu, dan terdiri dari sebuah lingkaran dengan panjang 66 meter yang dibantu oleh empat tiang besar. Menempati luas 1683 meter (5521 ft), dengan tinggi 13.8m (45.2 ft). Air mancur ini mencapai tinggi 30 meter.

3.Magic Fountain of Montjuic (Barcelona)



Magic Fountain of Montjuic adalah permainan spektakuler warna, cahaya, gerakan, musik dan akrobat air di Barcelona. Terletak di Placa d’Espanya dan National Palau, air mancur ajaib ini menarik ribuan turis setiap malam. Dibangun oleh perancang Carles Buigas tahun 1929 untuk Pameran Universal Besar, hampir 3000 pekerja dilibatkan dalam proyek ini selama kurang dari satu tahun.



4.Volcano Fountain (Abu Dhabi)



Sedihnya, tahun 2004 Volcano Mountain – pernah menjadi markah tanah terkenal Abu Dhabi dan salah satu air mancur terindah di dunia – diruntuhkan untuk memberi ruang untuk pembangunan perumahan. Air mancur setinggi 80 kaki ini dibangun menyerupai piramida lingkaran,dengan anak tangga dari keempat sisi menaiki enam platform air mancur ke atas. Pada sore hari, air mancur ini berubah menjadi perunjukan dengan cahaya berwarna sementara air mengalir ke bawah.


5.Big Wild Goose Pagoda Fountains (Xian)



Dibangun tahun 652 selama pemerintahan Kaisar Gaozong dari Dinasti Tang, Big Wild Goose Pagoda adalah sebuah bangunan kuno terlindungi dan tempat suci bagi penganut Buddha. Terletak di pinggiran selatan Xian City (Cina), tempat ini adalah rumah bagi air mancur musikal terbesar di Asia, dengan garis cahaya terpanjang di dunia.


6.People’s Friendship Fountain (Moskow)



People’s Friendship Fountain (juga dikenal sebagai Friendship of Nations) di Moskow memiliki 16 patung yang memakai kostum nasional mereka, mewakili seluruh Republik Uni Soviet. Air mancur ini dilengkapi oleh kolam oktahedral granit merah dengan luas permukaan 4.000 meterp ersegi. Air mancur ini dijalankan oleh sebuah sistem delapan pompa yang dapat menembakkan 1.200 liter air dari 800 jet hingga mencapai tinggi 24 meter per detik.


7.Trevi Fountain (Roma)



Berdiri setinggi 25.9 meter (85 feet) dan selebar 19.8 meter (65 feet), Trevi Fountain (Fontana di Trevi) memiliki salah satu pahatan terindah di Italia: Neptune atau Oceanus di tengah dan dua triton, satu berusaha menjinakkan kuda yang melambangkan laut kejam, dan satu lainnya meniup kerang yang melambangkan laut tenang. Dipesan tahun 1732 oleh Clemens XII dan tiga puluh tahun kemudian penggantinya Clemens XIII menyucikannya.

Trevi menjadi terkenal karena adegan dalam film “La Dolce Vita” buatan Fellini, ketika Anita Ekberg bermandi larut malam di air mancur ini. Juga ada legenda yang mengatakan, bila Anda melempar koin ke Trevi Fountain, Anda akan kembali ke Roma.


8.Oval Fountain (Tivoli)



Berdiri setinggi 25.9 meter (85 feet) dan selebar 19.8 meter (65 feet), Trevi Fountain (Fontana di Trevi) memiliki salah satu pahatan terindah di Italia: Neptune atau Oceanus di tengah dan dua triton, satu berusaha menjinakkan kuda yang melambangkan laut kejam, dan satu lainnya meniup kerang yang melambangkan laut tenang. Dipesan tahun 1732 oleh Clemens XII dan tiga puluh tahun kemudian penggantinya Clemens XIII menyucikannya.

Trevi menjadi terkenal karena adegan dalam film “La Dolce Vita” buatan Fellini, ketika Anita Ekberg bermandi larut malam di air mancur ini. Juga ada legenda yang mengatakan, bila Anda melempar koin ke Trevi Fountain, Anda akan kembali ke Roma.


8.Oval Fountain (Tivoli)




Fontana dell’Ovato (Oval Fountain), juga disebut Fontana di Tivoli, terletak di Villa d’Este, Tivoli, Italia. Air mancur ini bermuara di kolam berbentuk telur kemudian masuk ke kolam yang dibuat di nymphaeum berkarat. Desainnya dibuat oleh Pirro Ligorio. Seluruh Villa ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO tahun 2001.

9.Peterhof Fountain (Saint Petersburg)



Peterhof adalah sebuah kediaman Kekaisaran yang mewah dan indah, didirikan tahun 1710 oleh Peter Agung di tepi Teluk Finlandia (Laut Baltik). Menggabungkan beberapa istana, sejumlah taman lanskap dan kumpulan patung dan air mancur, memberinya sebutan “Versailles-nya Rusia”. Grand Cascade mengalir dari bawah istana menuju Laut Baltik dan merupakan salah satu rangkaian air mancur terbesar di dunia. Dari air mancur terbesar Grand Cascade, dipenuhi patung emas Samson berkelahi dengan singa, sebuah kanal mengalir melalui taman ke dermaga, dimana hydrofoil dan kapal dari St. Petersburg berlabuh.


10.King Fahd’s Fountain (Jeddah)



Terletak di kota Jeddah, Saudi Arabia, King Fahd’s Fountain terkenal karena merupakan air mancur tertinggi di dunia, menembakkan air ke ketinggian 1023-ft (312m) – lebih tinggi dari Menara Eiffel bila antenanya ditiadakan. Menggunakan 3 pompa raksasa yang dapat menembakkan 625 liter air per detik pada kecepatan luar biasa 233 mph (375 km/h). Bila bepergian ke Jeddah, jangan lupa mengunjungi air mancur ini, luar biasa.


Nah gimana???bagus-bagus kan??
Tapi kapa ya Indonesia punya air mancur kayak gitu??padahal air mancur di bundaran HI udah direnovasi dengan biaya yang lumayan banyak..haha


sumber: http://www.kaskus.us/

Tuesday, January 19, 2010

Kenapa QWERTY???


QWERTY..pasti pada tau kan arti kata ini apa? Yup, ini adalah susunan dari keyboard. Sebenarnya kenapa sih mesti QWERTY sebutannya dan kenapa susunannya mesti seperti itu, kenapa enggak ABCDE sama seperti urutan alphabet? Karena pertanyaan ini saya mencoba untuk mencari tahu sejarahnya itu seperti apa sih, koq bisa muncul kata-kata ini. Setelah browsing-browsing akhiranya ketemu juga, tapi sebelumnya kita liat dulu sejarahnya yuk!!

QWERTY adalah salah satu jenis tata letak tombol-tombol padakeyboard Tata letak QWERTY ini pertama kali digunakan pada sebuah mesin tik buatan E. Remington pada tahun 1874. Dinamakan demikian karena tombol-tombol huruf Q, W, E, R, T, dan Y berada secara berurutan seperti terlihat dalam baris paling atas dari papan ketik ini (yaitu yang dipakai pada kebanyakan keyboard komputer saat ini).

Kenapa mesti berurutan Q,W,E,R,T,Y yang beracak-acakan. Padahal dengan mengurutkannya mungkin akan lebih mudah dalam proses pengetikan.
Layout keyboard QWERTY disusun dan dibuat pada awal tahun 1870-an oleh Christopher Sholes, sebuah editor koran yang tinggal di Milwaukee. Deangan bantuan teman-temannya Carlos Glindden dan Samuel W. Soule ia membuat sebuah mesin tik untuk aplikasi paten yang diajukan pada Oktober 1867.

Model pertama yang dibuat oleh Sholes digunakan seperti keyboard piano dengan dua baris karakter disusun secara alfabetis sebagai berikut :

3 5 7 9 NOPQRSTUVWXYZ
2 4 6 8 ABCDEFGHIJKLM

Dengan susunan yang seperti itu memiliki kemacetan secara serius. Karakter logam yang dipasang akan bentrok pada saat pengetikan secara cepat. Solusinya adalah bagaimana cara penempatan susunan tersebut agar tidak saling bentrok.

Selama enam tahun Sholes berjuang untuk menyempurnakan penemuannya, dengan membuat penyusunan ulang dari susunan abjad untuk mengurangi frekuensi bentrokan. Dan akhirnya ia menemukan susunannya menjadi QWERTY atau yang sudah sering kita gunakan.

Namun ada perbedaan dari tata letak QWERTY yang di gambarkan Sholes pada tahun 1878 seperti tidak adanya angka 0 dan 1. Huruf M yang terletak di ujung baris ketiga di sebelah kanan huruf L, bukan pada baris keempat di sebelah kanan dari N, hruf C dan X terbalik dan sebagian tanda baca dalam posisi yang berbeda atau hilang sepenuhnya. Seperti pada gambar di bawah ini.



Susunan sekarang ini telah disempurnakan. Dengan begitu susunan QWERTY sengaja dibuat acak adalah untuk mencegah bentroknya pengetikan pada saat itu.




sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/QWERTY

Sunday, January 17, 2010

akuntansi keuangan menengah

RERANGKA KONSEPTUAL AKUNTANSI KEUANGAN

Rerangka konseptual adalah sistem yang koheren yang menghubungkan tujuan dan dasar yang dapat mendukung pencapaian standar yang konsisten dan yang menjelaskan asumsi, prinsip, dan kendala atau batasan akuntansi keuangan.

Rerangka konseptual akuntansi keuangan dapat dibagi menjadi tiga level, yaitu:
• Tingkatan Pertama:
- Tujuan Pokok Akuntansi
• Tingkatan Kedua:
- Konsep Dasar Pelaporan :
1. Kharakteristik Mutu Informasi
2. Elemen Laporan Keuangan
• Tingkatan Ketiga:
- Pedoman Pelaksanaan :
1. Asumsi
2. Prinsip
3. Kendala

TUJUAN POKOK AKUNTANSI

Tujuan pokok akuntansi dapat diklasifikasikan menjadi tiga bagian, yaitu:
• Tujuan secara luas, adalah menyampaikan informasi yang bermanfaat bagi investor dan kreditor dan pemakai lainnya dalam mengambil keputusan.

• Tujuan secara sempit, adalah menyampaikan informasi yang berkaitan dengan kepentingan kreditor dan investor untuk menaksir penerimaan kas dari investasi, pinjaman kepada perusahaan.

• Tujuan yang terakhir, adalah menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk penentuan prospek aliran kas bagi usaha perusahaan.

KONSEP DASAR PELAPORAN

1. Kharakteristik Mutu Informasi
• Relevan
Relevan suatu informasi harus dihubungkan dengan maksud penggunaanya.
• Dapat Dimengerti
Informasi harus dapat dimengerti oleh pemakainya dan dinyatakan dalam bentuk dan istilah yang disesuaikan dengan batas pengertian para pemakai.
• Daya Uji
Untuk meningkatkan manfaatnya, informasi harus dapat diuji (verifiability) kebenarannya.
• Netral
Informasi yang baik adalah informasi yang tidak memihak (neutrality) pada pihak-pihak tertentu.
• Tepat Waktu
Informasi akuntansi harus disajikan tepat waktu (timeliness), yaitu disajikan sebelum informasi tersebut sebelum kehilangan kapasitas yang dapat mempengaruhi keputusan.
• Daya Banding
Informasi akuntansi akan lebih berguna atau bermanfaat apabila dapat dibandingkan dengan informasi yang sebelumnya dari perusahaan yang sama.
• Lengkap
Informasi yang berguna harus disajikan secara lengkap.

2. Elemen Dasar Informasi
Ada 10 elemen dasar informasi keuangan, yaitu
- Aktiva (assets)
- Kewajiban (liabilities)
- Ekuitas (equity)
Adalah kepentingan residu terhadap aktiva suatu entitas yang dihasilkan dari pengurangan aktiva dengan kewajiban.
- Investasi
Adalah kenaikan dalam aktiva bersih perusahaan tertentu yang dihasilkan dari transfer sesuatu yang memiliki nilai dari entitas lain kepada perusahaan, untuk mendapatkan atau menaikan kepentingan kepemilikan.
- Distribusi
Adalah penurunan dalam aktiva bersih suatu perusahaan tertentu yang dihasilkan dari transfer aktiva, penyerahan jasa, atau terjadinya kewajiban kepada pemilik.
- Penghasilan Komprehensif
Adalah perubahan dalam ekuitas (aktiva bersih) suatu entitas selama periode tertentu yang dihasilkan dari transaksi atau kegitan dengan pihak bukan pemilik.
- Pendapatan
Adalah aliran masuk atau kenaikan aktiva atau penurunan kewajiaban suatu perusahaan selama periode tertentu yang timbul disebabkan oleh kegiatan produksi barang, pengiriman barang, penyerahan jasa, atau kegiatan lain yang merupakan kegiatan pokok perusahaan.
- Biaya
Adalah aliran keluar atau penurunan aktiva tau terjadinya kewajiban suatu perusahaan selama periode yang timbul disebabkan oleh kegiatan produksi barang, pengirimaan barang, penyerahan jasa, atau kegiatan lain yang merupakan kegiatan pokok perusahaan.
- Keuntungan
- Kerugian

PEDOMAN PELAKSANAAN

1. ASUMSI
Ada beberapa asumsi dasar yang mendasari struktur asuransi, yaitu
- Asumsi Entitas Ekonomik (economic entity assumption)
Asumsi ini menjelaskan bahwa transaksi-transaksi perusahaan dipisahkan dari transaksi-transaksi pemilik atau unit lain

- Asumsi Kesinambungan Usaha (going concern assumption)
Konsep ini menganggap bahwa suatu perusahaan itu akan terus hidup, dalam arti diharapkan tidak akan terjadi likuidasi di masa yang akan datang.

- Asumsi Satuan Moneter (monetary unit assumption)
Asumsi ini menjelaskan bahwa semua transaksi-transaksi yang terjadi akan dinyatakan di dalam catatan dalam bentuk unit moneter pada saat terjadinya transaksi itu.

- Asumsi Periodisasi (periodecity assumption)
Asumsi ini menganggap bahwa umur suatu entitas dapat dibagi ke dalam periode waktu yang ditentukan untuk tujuan penyajian statemen keuangan kegiatan ekonomik entitas tertentu secara periodik.

2. PRINSIP DASAR AKUNTANSI
Prinsip dasar merupakan pedoman yang diikuti dalam pengakuan transaksi entitas bisnis. Prinsip berkaitan secara mendasar dengan bagaimana aktiva, kewajiban, pendapatan, dan biaya.
• Prinsip Kos Historis (historical cost principal)
Prinsip ini menghendaki digunakannya harga perolehan dalam mencatat aktiva, utang, modal, dan biaya. Yang dimaksud dengan harga perolehan disini ialah harga yang disetujui oleh kedua belah pihak yang bersangkutan.

• Prinsip Pengakuan Pendapatan (revenue recognition principle)
Prinsip ini menjadi dasar pengakuan suatu entitas. Pendapatan diakui apabila, (1) direalisasikan atau dapat direalisasikan (realized or realizable), (2) telah menjadi hak (earned).

• Prinsip Penandingan (matching principle)
Yang dimaksud dengan prinsip mempertemukan adalah mempertemukan biaya dengan pendapatan yang timbul karena biaya tersebut. Prinsip ini berguna untuk menentukan besarnya penghasilan bersih setiap periode.

• Prinsip Pengungkapan Penuh (full disclousure principle)
Yang dimaksud dengan prinsip pengungkapan penuh adalah menyajikan informasi yang lengkap dalam laporan keuangan.

• Prinsip Konsistensi (consistency principle)
Agar laporan keuangan dapat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, maka metode dan prosedur-prosedur yang digunakan dalam proses akuntansi harus diterapkan secara konsisten dari tahun-tahun.

3. KENDALA (BATASAN)
Agar memberikan informasi yang memiliki karakteristik kualitatif sehingga informasi tersebut bermanfaat. Ada empat kendala atau batasan-batasan akuntansi yaitu:

a. Hubungan Kos Manfaat (Kos-Benefit Relationship)
Batasan ini berkaitan dengan gagasan bahwa manfaat informasi akuntansi harus lebih besar dibandingkan dengan kos untuk menyiapkan informasi tersebut.

b. Materialitas (materiality)
Suatu item dikatakan material, apabila item tersebut dicantumkan atau dihilangkan akan mempengaruhi atau mengubah pertimbangan seseorang secara wajar.

c. Praktik-Praktik dalam Industri
Penyajian secara wajar informasi posisi keuangan dan hasil operasi untuk industri tertentu, membutuhkan pemahaman terhadap kebiasaan dari teori akuntansi dasar (basic), dan sifat khas yang dimiliki oleh industri tertentu

d. Konservatif (conservatism)
Konservatif merupakan dasar pemikiran yang bisa di bilang adalah kolot. Dalam batasan ini apabila terdapat lebih dari satu alternatif yang harus diambil oleh seorang akuntan, maka sikap konservatif ini cenderung memilih alternatif yang tidak akan membuat aktiva dan pendapatan terlalu besar.

KOPERASI DALAM PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK

Pasar persaingan monopolistik (monopolistic competition) dapat diartikan sebagai pasar monopoli yang bersaing. Dari pengertian ini dapat disimpulkan bahwa, pasar suatu produk dikatakan berada keadaan persaingan monopolistik apabila dalam pasar tersebut terdapat ciri-ciri persaingan dan ciri monopoli. Hal ini disebabkan produk-produk yang dijual dipasar tidaklah homogen, tetapi masing-masing mempunyai daya substitusi satu sama lainnya.

Pasar persaingan monopolistik dalah bentuk dari organisasi pasar yang mempunyai cirri-ciri sebagai berikut:
 Banyak penjual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam.
 Produk yang dihasilkan tidak homogen.
 Ada produk substitusinya, artinya dapat digantikan penggunaanya secara sempurna oleh produk lain.
 Keluar atau masuk industri relatif mudah.
 Harga produk tidak sama di semua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya.
 Pengusaha dan konsumen produk tertentu sama-sama bersaing, tetapi persaingan tersebut tidak sempurna karna produk yang dihasilkan tidak sama dalam banyak hal.


HUBUNGAN PASAR DENGAN KOPERASI

Ditinjau dari sisi produksi dan konsumsi, anggota koperasi dapat dikelompokkan menjadi Koperasi Produsen dan Koperasi Konsumen. Untuk memahami bagaimana hubungan kedua sisi ini ditinjau dari fungsi koperasi sebagai perusahaan yang melakukan transaksi bisnis dengan pasar, perlu digambarkan hubungan ekonomi pasar dengan produsen bergabung dengan koperasi dan yang tidak bergabung dengan koperasi.

Hubungan Produsen dengan Pasar tanpa Koperasi

Hubungan produsen dengan pasar tanpa koperasi dapat digambarkan sebagai berikut. Misalnya Produsen (P) yang menghasilakn kakao akan menjual produksinya ke pasar (Konsumen C). Dalam hal ini Produsen P dan Konsumen C tidak terintegrasi atau tidak saling mengetahui dengan baik. Oleh karena itu, peran pedagang (T) adalah sangat strategis untuk menjembatani kepentingan ekonomi kedua belah pihak, seperti peraga dibawah ini.
























Peraga diatas menunjukkan bahwa, produsen P akan menjual produksinya ke pedagang T atau sebaliknya, pedagang T yang membeli dari produsen P. Yang menarik untuk diamati di sini ialah bahwa, hubungan P dan T diatur menurut mekanisme pasar, yaitu melalui kekuatan penawaran (supply) dan permintaan (demand).


Hubungan Produsen Anggota Koperasi dengan Pasar

Menurut konsep koperasi, sekelompok orang baik itu sebagai produsen maupun sebagai konsumen yang mempunyai kepentingan ekonomi yang sama dapat membentuk perusahaan koperasi. Adanya persamaan kepentingan ekonomi ini membentuk “hubungan khusus” antara anggota koperasi dengan perusahaannya yang disebut koperasi. Hubungan khusus yang dimaksudkan di sini dapat dilihat pada peraga.


















Peraga memperlihatkan hubungan ekonomi yang terjadi menyangkut tiga pihak yaitu:
 Produsen (P1,P2,P3,dan seterusnya) yang juga anggota koperasi sebagai unit ekonomi
 Perusahaan koperasi yang menjual produksi anggota
 Pasar (konsumsi C)

Sebenarnya produsen/anggota koperasi sendiri dapat berhubungan langsung ke pasar
untuk menjual produksinya, tetapi karena pertimbangan efisiensi atau adanya keuntungan ekonomis dan nonekonomis yabg lebih besar, mereka menyerahkan pemasarannya kepada koperasi. Dengan demikian, koperasi mengambil alih fungsi pemasaran atau penjualan yang semula dilakukan secara sendiri oleh produsen tersebut. Selanjutnya koperasinya yang berinteraksi atau melakukan lobi bisnis dengan pasar atau konsumen C untuk memasarkan produksi anggotanya.
Dalam pemasaran produk anggota, perusahaan koperasi dan anggotanya telah terikat dengan kesatuan organisasi koperasi. Ada hubungan perserikatan yang dibangun berdasarkan kebersamaan dan kekeluargaan dalam lingkungan yang demokratis.
Sebagai konsekuensi logis dari hubungan ini, maka keuntungan ekonomis yang diperoleh dari pemasaran bersama melalui perusahaan koperasi tersebut akan jatuh langsung ke tangan anggota. Namun sebaliknya, bila koperasi mengalami kerugian, anggota pun akan ikut menanggungnya.
Dalam hal ini kedudukan produsen P1,P2,P3, dan seterusnya tidak lagi terpisah dengan perusahaan yang memasarkannya yaitu koperasi, karena perusahaan koperasi tersebut adalah milik bersama para produsen. Denagn demikian, hubungan ekonomi antara produsen P dengan perusahaan koperasi tidak lagi berdasarkan mekanisme pasar, melainkan diatur oleh nilai, norma, dan prinsip-prinsip koperasi itu sendiri.

satnite bareng senior

Seperti biasa jadwal GL melancong malam minggu. Semalem memutuskan buat nongkrong ke margo abis ternyata kita udah lama gag k margo..haha. Sebenernya sih gara-gara supir kita gag bisa nganterin (Mia maksudnya)..haha
Niatnya pengen ngumpul semua eh ternyata banyak yang punya acara sendiri. Yaudah kita ajak senior Lab. Ada kak Dewi, kak Sari si nci satu ini.

Pertama ngumpul dulu di tempat biasa yaitu foodcourt. Tumben kemarin jangkung dateng duluan biasanya dia yang dateng telat. Gag berapa lama muncul ibu bos, haha maksudnya kak dewi. Yang terakhir "Selalu" iin dateng belakangan.Ngomong-ngomong sebenernya kita gag janjian bwat pake dresscode, tapi emang udah sehati kali ya semuanya pake celana pendek cuma iin ja yang gag..huuft

Setelah ngobrol-ngobrol panjang lebar, kita memutuskan buat pindah tempat yaitu k J-CO. Nyari tempat yang comfort ajah sama bisa berlama-lama nongkrongnya haha. Nah dsini kita ber j-cool2 ria. Disini juga nci satu itu baru dateng.
Wuih klo udah ngumpul bareng sama mereka, pasti rame. Maklum lebay semua soalnya..haha
Dari ngomongin masalah pribadi sampe ngomongin orang. Tapi ada yang lagi falling in love loh.

Oiya kemaren juga kita ngerencanain lagi buat liburan bareng berhubung rencana liburan ke anyer gagal gara-gara cuaca. Sebagai gantinya liburan ke jogja. Arrgh kenapa dadakan sih, mana bisa gw. Tapi tetep ya ujung-ujungnya ngerencanain buat jalan bareng minggu depan cuma 1 tempat buat dituju yaitu mall..hmmmft

Seperti biasa selalu foto-foto, nah buat yang gag ikut nih lyat ajah y..hehe











seru kan???

ngemol..ngemol..dan ngemol

Yup ngemol salah satu kerjaan dari GL. Kalo udah ada waktu kosong pasti langsung bingung mau ngapain & kemana.
Tapi gag tau kenapa kita tuh mau ajah di suggest sama tuh leader. Yang ujung-ujungnya jalan ke mall.
Udah banyak mall kita datengin (yah lebay lagi)..haha

Yang wajib kita lakuin kalo udah ngumpul 1 yaitu foto-foto.









Nah keliatan kan klo semuanya narsis..haha

perkenalan..haha

Okay sebelumya kenalan dulu yuk sama 1 kelompok yang eksis banget klo di kelas 3EB01. Yup, GL. Sebenernya tuh nama keluar juga gag di sengaja sih. GL tuh singkatan dari Genk Lebay. Haha..lebay banget kan?? Ini juga gara-gara ada 1 orang yang super lebay yang jadi leadernya sekarang.

Lebih enak sekarang kita kenalan dulu yuk....


Pertama kenalan dulu sama leadernya y..haha
Ini orang paling ganteng di antara yang lain,yaiyalah secara yang lain cewek2 dan yang pastinya paling LEBAY, Ejah namanya


Cantik kan??eh salah maksudnya ganteng kan??haha



Yang kedua pastinya gw dong..haha
Cewek paling smart diantara yg lain. Paling lucu,paling imut, paling paan lagi y??narsis tetep. Yang pasti gw paling kecil dari pada yang lain. Udah tau dunk nama gw??




Yang ketiga adalah miss Limbat, kenapa miss limbat??cukup kita ajah yg tau..haha
Ini cewek yang paling mandiri dari yang laen,soalnya dia yang ngekost sendiri. Namanya Indriyani a.k.a iin





Yang keempat cewek yang paling cantik, weits jangan ge-er ya. Tapi paling banyak punya bisnis daripada yang lain..haha
Namanya Yaumil Shasa a.k.a shasa





Yang kelima cewek yang punya suara bagus. Sering nyanyi dimana-mana(lebay deh)..haha
Tapi bukan yang tulisannya HYDRANT ya..haha
Namanya Yanti Oktavia a.k.a yayan





Yang terakhir, cewek yang paling Lebay Lemotnya. Maksudnya lemotnya kelewat parah..haha
Namanya Mia Dinda a.k.a meong





Nah inilah personil-personil dari GL...

Sunday, January 10, 2010

Chocolate Asli Indonesia



Indonesia terkenal dengan hasil budaya yang khas, bahasa, serta makanan yang berbagai. Karena inilah Indonesia merupakan salah satu Negara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Coba kita liat saja, bagaimana banyaknya variasi makanan sangat khas. Coba liat, ada gado-gado, ketoprak, gudeg, dan masih banyak lagi. Tapi sekarang saya enggak akan bahas makanan yang tadi sudah saya katakan karena makanan tersebut menurut saya cukup terlalu sulit buat di jadikan oleh-oleh dalam jarak jauh. Oleh karena dalam artikel ini saya akan membicarakan tentang chocolate.

Pastinya siapapun akan menyukai apapun yang berhubungan dengan chocolate. Dan bangganya lagi karena Indonesia dapat menghasilakan sendiri chocolate yang memiliki ciri khas sendiri. Kita tahu bahwa Swiss merupakan penghasil chocolate yang cukup besar. Namun Negara tersebut sebenarnya hanya sebagai pengolah sebaliknya Indonesia merupakan penghasil chocolate yang terbesar.

Sebagai bukti, belum lama ini Indonesia memperkenalkan chocolate buatan Indonesia yang bernama chocolate monggo.Meskipun chocolate ini dikreasikan oleh seseorang yang berasal dari Belgia, namun diproduksi di Indonesia. Nama monggo memang di ambil dari bahasa jawa yang artinya "silahkan". Ya memang chocolate ini pertama kali dibuat di Jogjakarta, namun perkembangannya sekarang sudah mulai pesat. Yang terkesan adalah kemasan chocolate ini. Kemasannya menggunakan gambar wayang yang berarti amat kental dengan khas Indonesia dan ternyata kemasannya pun daur ulang. Dan yang pastinya chocolate ini tidak menggunakan pengawet.

Hmmm,,sepertinya wajib kita coba!!