Tuesday, March 2, 2010

Rubik's Cube


Kalian pasti tahu ya tentang Rubik’s Cube atau bahasa Indonesianya Kubus Rubik. Sebuah permainnya yang akan mengasah otak kita dalam memainkannya. Pasti sudah banyak yang tahu ya tentang permainan ini? Sebenarnya permainan ini siapa pembuatnya?

Rubik’s Cube atau Kubus Rubik adalah sebuah teka-teki mekanik yang ditemukan pada 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria Ernő Rubik. Kubus ini terbuat dari plastik terdiri dari 26 kubus kecil yang berputar pada poros yang terlihat. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Ketika teka-teki ini terpecahkan setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya. Kubus ini dibuat kembali pada 1980 dan dipasarkan di dunia Barat pada Mei. Dan dikatakan merupakan mainan paling banyak terjual di dunia, dengan sekitar 300 juta kubus Rubik dan imitasinya terjual. ( http://id.wikipedia.org/)

Saya tertarik kembali dengan permainan ini karena ada teman yang mencoba memainkannya. Dan saya mulai tertarik kembali untuk mencoba. Dari dulu saya hanya dapat menyelesaikan permainan ini hanya pada satu sisi saja, sedangkan untuk melanjutkan sisi yang lain masih terlalu sulit.

Sebenarnya ada trik-trik bagaimana cara kita untuk SpeedCubing. Istilah apalagi itu? SpeedCubing adalah menyelesaikan Kubus Rubik dalam waktu secepat mungkin. Di Indonesia sendiri speedcubing belum terlalu populer. Meskipun begitu, ada sekelompok anak-anak muda Jakarta yang memiliki hobi speedcubing, akhirnya sepakat membentuk JRCC (Jakarta Rubik’s Cube Club). Visi mereka adalah memopulerkan speedcubing agar sejajar dengan olahraga yang lain seperti catur, billiard, renang, dan sebagainya. Melalui misi mengadakan kompetisi-kompetisi dan kegiatan-kegiatan speedcubing baik yang bertaraf lokal maupun internasional.

Gimana sih caranya? Mungkin masih banyak yang penasaran dengan permainan ini. Nah, ini trik-triknya. Coba liat videonya!!







Gimana? Berniat mencoba? Siapa tahu kita bisa mengikuti berbagai lomba Kubus Rubik, seperti Muhammad Iril Khairul Anam. Dia adalah mahasiswa D3 Manajemen Informatika Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat, ini berhasil menyelesaikan 16 buah kubus Rubik tanpa melihat dalam kompetisi Jakarta Open 2010."Saya memecahkan rekor dunia multiblind, menyelesaikan rubik berukuran 3x3 dengan mata tertutup jumlah terbanyak yaitu 16 buah dalam waktu 57 menit,"ungkapIril.(http://berita.liputan6.com/sosbud/201001/261621/Muhammad.Iril.Pecahkan.Rekor.Dunia.Kubus.Rubi)

Sebelumnya rekor dunia kategori ini dipegang Tong Jiang dari Cina dengan 15 kubus Rubik. Tidak hanya Iril, Indonesia juga menempatkan putra bangsa di peringkat ketiga rekor dunia yaitu Wicaksono Adi dengan menyelesaikan 11 kubus Rubik tanpa melihat dalam waktu 55 menit 10 detik. Rekor Wicaksono dipecahkan saat Indonesia Open 2009. Semua rekor ini tercatat di Asosiasi Kubus Dunia (WCA).

Jadi berminat untuk mempelajarinya. Gimana kalian? Berminat??


1 comments:

Unknown said...

Selamat Tidur...
Moga mimpi2 yang indah....

Post a Comment